Minggu, 02 Oktober 2011

sejarah

       Dengan masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam, mempengaruhi berbagai segi kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk segi politik. Hal ini di tandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia. Bahkan kemudian terjadi interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.
        Sementara itu, dengan masuknya pengaruh Barat lewat kongsi-kongsi dagang, mempengaruhi berbagai segi kehidupan masyarakat Indonesia. Adanya pekembangan paham baru, seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, dan demokrasi mendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia. Muncul berbagai organisasi pergerakan nasional dengan berbagai bentuk dan strategi perjuangan mencapai Indonesia merdeka.
        Perjuangan mencapai kemerdekaan belum terwujud, datanglah pengaruh Jepang. Dengan semboyan "kemakmuran bersama Asia Timur Raya", Jepang berhasil menduduki Indonesia. Masa pendudukan Jepang yang hanya berlangsung sekitar 3,5 tahun berdampak dalam berbagai segi kehidupan. Di masa kependudukan Jepang inilah, persiapan menuju kemerdekaan Indonesia semakin nyata.
        Di belahan dunia Barat yakni Eropa, Amerika dan Rusia terjadi apa yang disebut revolysi. Adanya revolusi Prancis, Amerika dan Rusia berpengaruh terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Demikian juga dengan adanya revolusi industri di Inggris berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan sosial, ekonomi, dan politik indonesia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar